Monday, September 14, 2015

Takjub Dengan Pemutakhiran Teknologi di Lembaga Amil

Bismillah. Bikin disclaimer dulu bahwa tulisan ini bukan dalam rangka menunjukkan kekayaan. Kalaupun ada terbersit niat tersebut dalam hati gw, mudah-mudahan Allah ampuni dan sepanjang penulisan ini hingga nanti niatnya lurus terus.

Pertama, pandangan gw itu sempit. Gw mengira yang namanya lembaga amal, lembaga keuangan syariah, secara jujur, itu terbelakang. Bukan soal itung-itungan atau penyaluran dananya ya. Gw kira ya badan seperti itu sistem pengolahan datanya masih jadul. Kayak konfirmasi manual, member area yang kurang modern dll. Sepertinya sih masih ada anggapan seperti itu juga di kepala gw. Sekali lagi, ga menyangsikan soal amanah loh.

Tapi beberapa hari ini gw cukup takjub dengan perkembangan koneksi kemudahan dalam menyalurkan keinginan ibadah baik sedekah, zakat, dll. Yang cukup dekat yaitu... Qurban. Gw punya "membership" di ACT - Aksi Cepat Tanggap. Di member area nya bisa konfirmasi sudah melakukan misal sedekah atau zakat. Masukin tanggal, peruntukan sedekah, berapa banyak transfer, ke rekening mana. Jadul bukan? Modern sih tapi ya masih manual, jadi menurut gw jadul *so update deh*. Alhamdulillah, dengan izin Allah, si fulan bisa membeli seekor kambing tahun ini. Yang rencananya pengen lewat web superqurban, tapi tampilannya itu mbingungi. Jadi pengen nanya dulu ke CS,
"harganya berapa?"
"ready stock ga?"
"ada warna apa aja?"
Dikata belanaja online. Wkwkwk.
Karena bingung dengan web nya, meskipun cukup jelas sih *gimanah?*, jadinya menunda dulu. Entah lewat carefour yang booth di depan itu atau lewat badan amil lain yang bisa gw pahami. 

Lagi-lagi Maha Besar Allah, di timeline fb gw muncul iklan ini

Kampret kan si fb ngambil-ngambil history jalan-jalan gw. Jadi lah di klik yang menuju ke halaman BukaLapak

Gampang ga beli qurban dari sini? Gampang, biasa belanja online. Add to chart - ambil token - lunas. 

But not that's the big point. 

Setelah selesai dengan bukalapak, email dan no hape gw yang terkoneksi dengan membership ACT, yang emailnya sama dengan ketika daftar bukalapak dapet notifikasi ucapan terima kasih.

Jadi data bukalapak --> dicek di membership ACT ---> ternyata sudah member --> konfirmasi penerimaan dana

itu keren men. Datanya ga setengah-setengah, diintegrasiin yang qurban di bukalapak dan data di ACT sendiri. Baru setelah beberapa jam dapet sms terima kasih ke no hape gw yang didaftarin di bukalapak yang berbeda dengan yang di ACT.

Kesimpulannya gw ga tau daleman cara kerja ACT, yang gw anggap jadul, ternyata mereka sudah berinovasi yang gw belum liat saja. Yang diberi kecukupan harga, silahkan ditunggu qurban nya. Kayaknya qurban itu hari besar Islam yang selalu Aliv tunggu-tunggu deh. Dia bisa ikut ke mesjid yang jauh dan liat kambing n sapi berserakan #creepy

1 comment:

huangqing said...
This comment has been removed by a blog administrator.