Monday, September 03, 2012

Mencari Supplier

Salah satu hal yang sering menjadi "penghambat" usaha baru adalah mencari supplier yang tepat. Sebelumnya, mau lebih jelas dulu kalau yang ingin saya bahas di sini berdasarkan studi kasus di facebook yah. Seringkali ada posting yang berisi mirip iklan berkata kalau dia akan buka online store baru dan segera membutuhkan supplier. Dan sebentar saja mulai masuk postingan-postingan dari OS-OS lainnya menawarkan diri jadi supplier.

Aku newbie OS (dan akan selalu menjadi newbie). Pengalaman dulu awal buka OS juga kutu loncat dalam mencari supplier paling pas. Ada produk yang bagus, dia jual 175ribu. Yaaa... aku jual 185ribu ajah. Kemudian temen-temenpun komplain harga barangnya kemahalan. Kemahalan berarti mahal tidak proporsional karena ada juga barang mahal and that's it. Mahal adalah orang tetep mau beli. Kemahalan adalah harganya ga pantes segitu. Ya sudah, pindah ke OS supplier lain, sepatu handmade. Cukup jarang ada pembelian karena handmade itu paling cepet 2 minggu ya. Pindah ke OS handmade lain yang di bandung juga. Sukses kena tipu 560ribu *mewek*. Duit makan gw man! Setabungan-tabungan gw elo tipu? Yah, hidupnya pasti damai tentram sejahtera sekarang.

Akhirnya karena takut kena tipu lagi, aku beranikanlah nyali ini buat beli produk sendiri. Mencari supplier offline gitu ceritanya. Berbekal 100ribu hasil dari ngemis ke mama n tante, berhasil bawa 3 pasang sepatu dari toko di BEC. Seneng banget plus deg-degan. Seneng karena bisa ngestok dagangan sendiri, deg-degan takut barangnya ga laku. Alhamdulillah, ga lama ada yang minat dengan ukuran lain. Balik ke BEC lagi nyari ukuran yang dia pesen. Kirim di JNE deket kosan. Waaaaahhh.. Alhamdulillah. Rasa dapet sales dengan produk sendiri itu wow banget

Terus Allah menakdirkan saya pergi nemenin temen kampus nyari tas di piiiip. Dan ternyata di sana, bagi saya, adalah segitiga emasnya pedagang sepatu. Segala macem model unik-unik murah-murah ada di situ. Dari awal sampai akhir gang. Mulai ambil 2 sepatu lagi dari situ... foto.. upload.. terima order..

Yang saya pelajari dari perjalanan mencari supplier yaitu pastikan dia adalah tangan pertama atau kedua jadi harga masih rendah, supplier jujur, barang unik. Selesai deh :D

No comments: