Thursday, July 26, 2012

Penipuan Online Shop

Yup, that's right. Saya kembali lagi ke dalam dunia per-online-shop-an. Sekarang dengan membawa produk baru yang insya Allah berkah karena bermanfaat dan tentunya direstui suami (PENTING!). Eniwei, untuk menunjang come back, saya kembali bergelut dalam group2 online shop di facebook. Sebenarnya dari dulu kisah penipuan online shop seperti tiada akhir. Tapi di group yang sekarang saya ikuti sepertinya setiap hari selalu saja ada posting tentang penipuan. Tidak cuma satu, bahkan bisa tiga kali dalam sehari *ngobat :D*

Jujur saya bingung dengan kasus penipuan online shop yang rata-rata dialami member karena sebagian besar tentang beli blackberry murah. Yang kisaran harganya hanya sekitar 2-3 juta. Rasanya saya suka capek sendiri menasehati para newbie tersebut mengenai jangan mudah gelap mata melihat harga murah. Kamu pikir blackmarket harganya semurah itu? Kamu pikir pengiriman barang mewah sama saja dengan ongkos kirim Yakin Esok Sampai (YES) JNE? Apalagi, kamu pikir testimonial pembeli di wall itu beneran? Orang Indonesia banyak yang kaya dong kalo testimonial sebanyak itu.

Skip

End marah-marah

penipuan online shop
Saya juga pernah tertipu sista, darla. Saya tertipu 560ribu. Nominal yang kecil buat kamu? Enggak buat saya. Itu jumlah seluruh tabungan saya. Itu modal saya jualan di kala itu. Dan saat itu saya perantau, jauh dari orang tua. Kalo ga bisa beli makan ya saya ga makan hari itu. Plus saya harus mengganti uang para buyer yang udah kasih DP.
Ya, saat itu peran saya adalah sebagai reseller online shop. Lucu bukan online shop mengalami penipuan online shop. But that's it. Selalu ada hikmah di setiap kejadian. Saya jadi jauh lebih hati-hati dan, alhamdulillah, kejadian itu membuat saya berani menstok barang sendiri, menjadi supplier cukup banyak OS, hingga hidup mandiri di perantauan.

Daripada dilanjutkan marah atau curhatan saya, di bawah ini beberapa pelajaran yang saya ambil ketika mengalami penipuan online shop. Silahkan dipelajari dan diingat baik-baik
1. Lihat jumlah friends OS
Bukan berarti jangan beli barang di OS baru. Tapi perhatikan kesesuaian jumlah friend dan testimonial. Buyer Indonesia itu jarang lho kasih testimonial. Hehe, that is true. Jadi kalau ada OS dengan jumlah friend kurang dari seribu tapi memiliki banyak testimonial, harap berhati-hati. Saya sendiri hingga punya 2000an friends, baru dapet sekitar 5 testimonial
2. Jangan pernah beli barang elektronik lewat OS
Titik!
Mau itu barang murah banget kek, limited edition kek, ada tanda tangan SUJU kek, NO! TIDAK! JANGAN! Be smart girls. Kalau kamu cukup pintar menggunakan facebook, harusnya kamu juga cukup cerdas menggunakan Google. Search di Google tentang identitas penjual, nama toko, alamat, nomer hape, nomer rekening. Kalaupun tidak ada data penipuan, kamu harus tetep ajak seller buat COD - Cash On Delivery. Beda kota? Enggak bisa COD? Engga usah beli. Kecuali bagi kamu uang 3 juta tinggal petik di kebon.
penipuan online shop
3. Hati-hati transaksi pertama
Kalau kamu pertama kali transaksi dengan OS baru atau baru kamu temui, jangan beli langsung dalam skala besar. Kecuali dia memang bener-bener trusted. Bagaimana tau dia trusted atau engga? Well, tidak bisa dipastikan. Kalau kamu pernah liat profile dia di majalah, itulah trusted seller. Susah amat syaratnya. Hahaha. Pokoknya jangan beli skala besar pada transaksi pertama kecuali dia saudara kamu. Kalau dia punya pelayanan baik, baru deh second transaction bisa naikkin jumlah pembelian.

Saat saya mengalami penipuan online shop itu, saya tidak memperhatikan nomer 1. Friends dia baru sekitar 700an tapi berani mengajukan diri sebagai supplier. Stupid me. Sepertinya itu saja yang bisa saya share. Kalau ada yang ingin berbagi cerita mengenai kasus penipuan online shop yang dialami, silahkan berkomen.

2 comments:

Amir said...

Kalu boleh saya komentar tambahan bahwa tidak perlu byk syarat untuk melakukan transaksi online. kalimat yang utama adalah "Ciri Penipu adalah tidak akan menggunakan layanan pembayaran dari INAPAY" sebagai escrow dalam jual beli online yang aman.

huangqing said...
This comment has been removed by a blog administrator.