Saturday, June 30, 2012

Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Mau posting yang ga curcolan ah. Sebenernya masih pengalaman pribadi sih, tapi lumayan buat dishare. Naturally, seorang perempuan sudah punya insting merawat anak sejak kecil. Katanya sih begitu. Aku pribadi ga merasa punya insting keibuan sebenernya. Haha. Alhamdulillah, Allah menjadikanku cucu pertama dari 11 orang cucu Bapak Tubin dan (Alm) Ibu Soekiyah, dimana cucu2 lain beda umurnya jauh2. Bahkan sepupu terakhirku cuma beda setahun dari Alivia. Kondisi inilah yang membuat diriku terpaksa bisa ngerawat anak kecil :D

Oke, berikut sedikit cara merawat bayi baru lahir ala Udank Botax :

Puser Puput

Sebagian besar ibu baru takut khawatir merawat bayinya karena puser bayi yang belom puput. Puput itu maksudnya lepas sendiri ya. Ga perlu takut sebenernya. Perhatikan saja instruksi dari dokter atau bidan sebelum Anda dilepas dari tempat bersalin. Waktu melahirkan Alivia sih cuma dipesenin: jangan dibersihin pakai alkohol coz membuat lama kering plus sakit buat si baby, kalau basah langsung dikeringkan, kain kasa rajin diganti 2-3 kali sehari atau kalau kasa basah, bisa dikasih betadine juga. Terakhir, kalau puser bayi berbau, berarti ada infeksi di puser. Segera bawa ke dokter anak untuk ditindaklanjuti.

Pengalamanku dulu yang bikin ngeri adalah waktu ganti kain kasa. Hahaha. Gara2 ga ngeliatin bidan di rumah sakit waktu mandiin Aliv sih. Aku kan masih males jalan lemes waktu ityu. Intinya adalah itu kaen kasa dibebetin di puser dan diikat ujungnya. Ga ada tutorial khusus ganti kasa. Intinya cuma 1: Siapa berani, dia yang bisa ganti

Mandiin bayi baru lahir

Ini nih yang paling buta. Mamaku sudah lupa gimana mandiin bayi. Sebelum melahirkan kemaren, aku liat2 video di youtube cara mandiin bayi, dimana bayi londo itu gede2 yah. Basically, tidak ada keharusan mandi buat bayi *emak males*. Bayi engga lari2an kok, bayi ga maen tanah. Dan tahukah Anda? Bayi itu wangi meskipun ga mandi #DahsyatnyaBayi. Buat mandiin bayi, silahkan berguru sama ibu atau sanak saudara, karena ini sangat learning by doing. Ga bisa dengan kata2. Biasanya sebelum pusar puput, bayi hanya diseka, bukan digebyur-gebyur.

Sekarangpun sudah ada layanan perawatan ibu baru melahirkan yang biasanya juga terima ngurus bayinya. Setiap hari, biasanya sampai 40 hari setelah melahirkan, bayi dimandiin sama asisten layanan tersebut kemudian bayi dipijet. Ibunya juga dipijet plus pasang apa-itu-namanya-yang-buat-perut-ga-beleber, juga minum jamu. Tanya aja sama tetangga, biasanya ada ibu2 spesialis beginian di suatu daerah kok.
Aku? Tidak melakukan hal2 di atas. Ga semuanya musti ngikutin jaman mama melahirkan kan? Diriku baik2 saja, Alivia juga sehat :D

Kayaknya dua hal di atas deh yang sering jadi momok ibu baru. Tidak terkecuali aku. Tapi aku berpegang pada kata2 ini selama belajar cara merawat bayi baru lahir
Kucing aja bisa ngurus anaknya sendiri. Ga perlu musti sama nenek atau orang pinter lainnya. Kenapa manusia dengan akal pikirannya ga bisa?
You can do it, mommy! Ga usah takut-takutan ngurus anak sendiri. Hati-hati, pasti bisa. Aku bukti nyatanya bisa melakukan hal-hal di atas sendiri. Sekian saja posting spesial teruntuk teman-temanku yang lagi hamil

1 comment:

huangqing said...
This comment has been removed by a blog administrator.