Friday, December 12, 2008

Stem Cell - a brief

What is stem cell?
Secara sederhana stem sel adalah sel awal yang akan berdiferensiasi menjadi berbagai organ morfologi tubuh. Stem sel merupakan cikal bakal manusia. Suatu sel yang disebut stem sel dapat ditemukan pada ovum yang telah dibuahi sperma. Saat zigot tersebut telah membelah menjadi 8 sel, saat itulah sel siap memperbanyak diri lagi dan berdiferensiasi

Stem cell – medicinal use
Melihat siklus hidup stem sel yang akan berkembang menjadi manusia lengkap, ilmuwan mencoba menerapkan penggunaan stem sel pada manusia dewasa. Stem sel akan berkembang menjadi bagian-bagian tertentu tubuh manusia dibawah manipulasi hormon. Bukan hanya organ saja, stem sel dapat berkembang menjadi jaringan tulang, syaraf, ataupun darah. Penggunaan stem sel mulai dilirik masyarakat dunia yang menderita penyakit tertentu, yang umumnya penyakit berat. Contoh penggunaan:

- Diabetes
Penderita diabetes yang tidak memperhatikan kesehatan kaki memiliki resiko besar menderita gangren. Gangren adalah pembusukan daging pada daerah tertentu yang dimulai dari luka kecil. Luka tersebut tidak dapat disembuhkan dengan cepat oleh tubuh karena tingginya kadar gula dalam darah menyebabkan darah tidak bekerja maksimal. Luka yang tidak sembuh lama kelamaan akan membusuk dan menyebar. Untuk menghentikan pembusukan menyebar ke seluruh tubuh, anggota tubuh yang gangren harus diamputasi.
Stem sel dapat disuntikkan pada anggota tubuh yang gangren (terutama kaki), kemudian dengan pengaruh hormon tertentu, stem sel akan membentuk jaringan-jaringan kaki hingga kaki kembali utuh

- Arterosklerosis
Ini adalah penyumbatan pembuluh darah akibat lemak atau kolesterol yang mengeras, ataupun luka pada pembuluh darah yang membesar. Penyumbatan ini dapat melebar hingga menutupi saluran lintas darah. Darah tidak dapat lewat, oksigen tidak sampai, jaringan akan mati. Bila terjadi pada pembuluh darah jantung, dapat menyebabkan serangan jantung.
Stem sel disuntikkan pada pembuluh darah yang luka dan akan membentuk lapisan pembuluh darah baru. Lapisan pembuluh darah lama akan diuraikan dengan mekanisme lain.

- Leukemia
Orang dewasa yang leukemia-nya aktif dapat melakukan penyedotan leukosit dari sumsum tulang hingga habis. Produksi leukosit baru diinduksi dengan stem sel saat leukemia tidak ada

Dan masih banyak pemanfaatan lainnya, terutama pembentukan morfologi:
Artis yang ingin memperbesar payudaranya tidak perlu melakukan operasi plastic. Cukup menyuntikkan stem sel pada payudara dan diberi perlakuan hormone tertentu, maka sel-sel payudara baru akan tumbuh, sehingga payudara semakin besar.

How to get my stem sel?
Stem sel dapat diambil dari zigot yang telah membelah mejadi 8 sel atau dari darah pada plasenta bayi yang baru lahir. Agar tubuh mau menerima stem sel dan bukan menolaknya, diperlukan stem sel yang berasal dari individu yang sama. Konsekuensinya bila ingin mengantisipasi penggunaan stem sel di masa depan, stem sel diambil dari seorang individu sejak dia bayi. Stem sel ini dibekukan dengan nitrogen cair dan disimpan dalam bank stem sel. Tentu saja stem sel dari orang lain bisa saja digunakan, akan tetapi diperlukan pengawasan terhadap keberterimaan tubuh.

Great, so what’s the big idea?
Stem sel masih dalam tahap pengembangan. Perawatan kaki yang gangren hingga terbentuk kaki utuh membutuhkan biaya kira-kira 500 juta rupiah. Di Singapura, rumah sakit yang menerima penitipan stem sel sudah cukup menyebar. Untuk menitipkan stem sel pertahunnya dikenakan biaya berkisar antara 10-20 juta rupiah. Biaya tersebut habis pada perawatan agar sel tidak rusak. Biaya yang keluar saat stem sel digunakan lebih besar lagi. Stem sel yang disimpan akan dilakukan kultur jaringan agar menghasilkan stem sel yang lebih banyak. Belum termasuk biaya pengaplikasian stem sel dan hormone.
Bagaimanapun, stem sel memiliki potensi besar dalam penyembuhan penyakit masa depan, juga potensi besar bagi industry

Kontoversi seputar stem sel
Kontroversi masih berada di sekitar kode etik. Seperti bahasan di atas, stem sel diambil dari zigot. Tidak ada jaminan bahwa zigot akan tumbuh normal bila sebagian selnya diambil. Kemudian keberterimaan tubuh masih dipertanyakan. Tubuh yang sensitifitasnya tinggi akan memiliki resiko menolak stem sel. Kontroversi yang cukup fatal adalah bagaimana bila stem sel yang disimpan ternyata sel dengan pertumbuhan terlalu cepat. Bukan kesembuhan, melainkan kanker diidap pasien.

Closing
Segala hal yang sedang diteliti sekarang ini dilakukan untuk meningkatkan kesehatan manusia di masa depan. Stem sel hanya salah satu dari banyak metode yang sedang dikembangkan untuk mencapai tujuan tersebut. Tulisan ini hanya sekedar perkenalan terhadap stem sel, masih banyak lagi yang bisa digali di dunia maya. Semoga tulisan sederhana ini memotivasi anak bangsa untuk terus meningkatkan kualitas jiwa, pikiran, dan jasad.

Itasika Febrianti, Farmasi Klinik dan Komunitas ITB 2006, 11606018

------------------------------------------------------------------

Sesak
Gelisah
Firasat ini
Tidak pernah berbohong

Sesak… sesak… sesak…
Air mata inipun mengalir
Tidak dapat kubendung

Apa?
Kemana?
Kenapa?
Jawab!

Sesak…

Sadarku mengetuk hati
Menyadarkanku
Inilah yang terbaik
Inilah yang Allah takdirkan

Iya, aku harus tetap tersenyum
Tetap bersemangat
Tetap menjadi seorang Itasika

I am sea
I am ocean
Little dirt won’t stop me

Selamat jalan..
Selamat berjuang..
Saat kau kembali nanti
Kau akan menemukan diriku sebagai seorang wanita yang siap berada dibalik pria hebat

3 comments:

I'm Rosi... I live in said...

kalimat terakhir,ta...
maksudnya apa yah? :)

udank botax said...

wah.. biarkan mahluk ini dan zat yang menggenggam dirinya saja yang tahu

rosi said...

semoga Allah memberimu yang terbaik dalam hidup di dunia dan akhirat ^^