Monday, September 01, 2008

Selamat datang, Ramadhan

Today is Ramadhan 1st, 2008. Hohoho… the most waiting month every year. You can see what is Ramadhan in Google or Yahoo, definitely not in my blog this time, ok?!!

Last night, I went to Taraweh at Salman. My friend and me rode a motorcycle, so fine with me. A little bit late, I thought. Well, the truth was not. Even Isya hadn’t start.. hehehe..

Di sana dengerin ceramah sebelum Taraweh juga. Lupa nama yang ceramah.. yah, yang jelas membahas tentang .... mmmm... apa ya? Hahahah,, payah banget! Ngapain aja di sana, jeng?

Ngebahas tentang Ramadhan sebagai saat membentuk generasi rabbani. Cieh, gaya ye judulnya. Kurang lebih seperti itulah. Kalau ceramahnya sendiri kurang menyentuh tema sepertinya, menurut udank ini loh ya. Yang mengena itu bagian: “Ramadhan itu diibaratkan seperti tamu. Kalau dia datang, kita harus menyambutnya dengan suka cita. Selanjutnya terserah kita: Apakah kita meninggalkan Ramadhan atau Ramadhan meninggalkan kita?”

Waktu kan terus berputar, mau apapun jawaban kita atas pertanyaan di atas, perputaran waktu akan membawa kita atau Ramadhan pergi. Bagaimanapun caranya, manfaatin banget deh Ramadhan sekarang. Kapan lagi coba? Dari 12 bulan, cuma dateng satu kali! Ya iyalah.. haahahah..

Eh, eh, jadi keinget rasanya taraweh di Kampung Rambutan. Mesjid yang deket dari rumah tuh ya cuma bisa dijangkau dengan lewat kuburan. Waktu masih kecil, takut banget deh taraweh-an. Hehehe.. namanya juga bocah! Sekitar tiga tahun yang lalu, i went taraweh with my grandma. Always, every night. Except in several days, off course. She said to me: ”Kamu semangat banget sih, de’!”. Heheh.. biar cucu paling tua juga dipanggilnya tetep ade’. The I said to her: “Iya dong, Yangti. Soalnya tahun depan Sika kan taraweh nya udah di Bandung”

Yup, that happened when I was still in 3rd grade of highschool. Betapa the power of optimis begitu besar yah. Alhamdulillah, tahun berikutnya memang taraweh di Bandung. Paling ga, enggak bo’ong ye.

Nah, talking about generasi rabbani, kan memiliki sifat sidiq, amanah, fatanah, and tabligh. Mahasiswa ITB setidaknya sudah memiliki sifat fatanah. Iya gtu? Yah, secara generalisasi, insya Allah, iya. Sekarang gmana caranya supaya masing-masing individu juga membekali diri dengan ketiga sifat sisanya untuk membentuk generasi rabbani.

Once again, it is depend on the person it self

Agak merasa bersalah juga, karena taraweh ini, jadi pulang malem. Kmaren di Salman sampe jam 9 loh. Insya Allah besok-besok di mesjid deket kosan aja. Tapi kalau yang ceramah di Salman orang-orang keren seperti, Ahmad Heryawan, Taufikurrahman, Aam Amirudin, dll (bukan berarti yang lain ga keren, ngerti lah), aku di Salman lagi… hehehehe…

1 comment:

THALHAH said...

Pernah ga tarawih di masjid yg mengkhatmkan kurang lebih 1 seperempat juz al-qur'an setiap malamnya ? Wah, mesti dicoba tuh?! Apalagi imamnya Hafizh Qur'an. Walaupun agak pegel tapi enak banget lho ?!