Wednesday, August 27, 2008

Kelaziman vs Kebenaran

Dosen: "Namanya siapa?" (sambil nunjuk seorang mahasiswa)
Mahasiswa: "Jameelah, pak"
Dosen: "Emang saya nanya nama kamu? Saya cuma bilang 'namanya syapa', tapi kenapa kamu jawab?"
Jameelah: "ng..."
Dosen: "Yah, itulah masalah bangsa kita. Kita sudah terlalu biasa dengan kelaziman sehingga seringkali melupakan bahwa yang lazim itu belum tentu benar. Saya kan nanya 'nama-NYA', harusnya kita berfikir dulu sebelum menjawab. 'NYA' itu syapa? Ya kan?"

Masalah di Indonesia yang sudah mengakar. Bukan sekedar penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan bener aja. Kelaziman di Indonesia yang salah lagi apa sih? Banyak! Coba deh sebutin:
- Naek turun angkot
- Bayar polisi supaya ga ditangkep
- Bikin KTP nih yang harusnya gratis,, tapi ga enak sama kelurahan makanya bayar dikit...
dll
dll
dll
dll

halah.. halah.. mumet lah

1 comment:

huangqing said...
This comment has been removed by a blog administrator.