Wednesday, July 23, 2008

Wanita? Untukmu!

Ohohoho.. tema hari ini adalah kanker serviks. Kenapa gw ngangkat tema ini? Sebenernya iseng aja, tapi tadi pagi dibahas di TV gtu. Kayaknya udah mulai diperhatikan nih jenis kanker. Sistematis aja ya,,

kanker serviks
Apa?
kanker yang terjadi di leher rahim (serviks). Serviks itu bagian bawah rahim, pas pertemuan rahim dengan vagina
Kenapa?
invasi Human Papiloma Virus (HPV) pada serviks, kemungkinan besar terjadi saat berhubungan intim
Tau dari mana terinfeksi?
1. keputihan ga normal
2. rasa sakit saat berhubungan intim
3. pendarahan ga normal, bahkan saat menstruasi
Akibatnya?
Well, secara normal, tubuh bisa nyembuhin sendiri. Tapi jangan mengandalkan pada tubuh aja coz kanker serviks menempati urutan ke 2 penyebab kematian pad wanita di dunia. Nomer 1 nya apa? gw juga ga tau

Gimana mencegah?
1. Buat yang udah pernah berhubungan intim, tes pap smear. Nanti lendir vaginanya diambil dan dites buat nyari si HPV itu
2. Vaksinasi

Mau fokusin di vaksinasi nih. Gw pernah nemenin sepupu gw, Lia, divaksin di Rumah Sakit Ibu dan Anak. Di situ, dokter yang nge-vaksin adalah alumni SMA 8, Jakarta. Lia kan sekarang murid SMA 8, makanya direkomen ke situ. Vaksinasi HPV itu harus dilakukan selama 3 kali supaya komplit. Lo tau harga sekali suntik itu berapa?

buat murid SMA 8 = Rp 900.000,-
buat umum = Rp 1.300.000,-

kesenjangan.... huhuhuhuhu.....

Vaksin ini emang asli masih ngimport dari luar. Gw sih, serius, pengen banget divaksin beginian. Harganya dong.. tiga kali vaksin = Rp 3.900.000,-?????!!!!!
Nice!
Hampir bisa bayarin SPP gw dua semester tuh

Kenapa ya mencegah pembunuh wanita peringkat ke 2 ini mahal banget?

No comments: