Wednesday, July 16, 2008

Pyrantel Pamoate Rasanya Ga Enak

Kemaren baru aja pergi ke Hypermart beli sendok 4 biji. Sebelumnya gw dah punya sendok, tapi mereka tergeletak di I don’t know where. Yah, singkat kata, mereka hilang! Buhuhuhu! Garpunya maih ada, sendoknya raib semua. Lumayan nih harganya beli yang baru.

Kemudian, selain beli sendok, aku juga membeli Pyrantel pamoate, cieh,, gaya abis bahasanya. Padahal! Itu adalah nama generik dari…. Jeng jeng! Obat cacing. Hohoho…

Gw ga cacingan! Bener kok!

Jadi, untuk edukasi nih. Obat cacing itu seharusnya rutin diminum tiap 6 bulan. Dosis cuma sekali minum kok. Nah, karena gw anak kosan, gw beli yang tanggal kadaluarsanya masih setahun lagi. Paling ga bisa gw habisin tiga kali pake,, yah setahun lagi kan?

Kalo elo belajar helminth parasit – cacing parasit, elo akan melihat beberapa cacing yang harusnya hidup di tanah, bisa hidup dalam usus besar lo dan tetap berukuran sama seperti mereka ditemukan di tanah. Dahsyat! Gede bener usus kita. Jumlahnya bisa ga terbatas! Kalo lo cacingan dan ga minum obat cacing, kemungkinan paling buruk, yah,, elo mati. Soalnya cacing di usus itu bisa pindah ke pembuluh darah (terus nyumbat darah) atau masuk ke lambung karena di usus dah ga muat sama koloni mereka sendiri. Haha,, jadi nakut”in. Ini mah kalo bener” udah parah. Lagian lo bisa tau sendiri kalo koloni cacing lo udah banyak banget. Biasanya bisa keluar bersama feses lo atau lewat telinga, hidung, dan mulut. HIIIIIIII! (gw parno sendiri gini)

Siklus hidup cacing itu bervariasi,, beda satu sama lain. Subhanallah, hebat yah. Sampe cacingpun dibuat Allah dengan keunikan satu sama lain, ga manusia doang. Tapi siklus dari telor sampe fasa yang menginfeksi itu rata-rata 3 sampe 6 bulan. Itu alasan kenapa dianjurkan minum obat cacing tiap 6 bulan, yaitu untuk mencegah, bukan sekedar minum kalo elo cacingan.

Cacingan itu susah lo dideteksinya. Belom ada metode kedokteran spesifik. Biasanya cara meriksa cacingan itu dengan nyari cacing di feses. Ada sukarelawan? Anyway, cacingan itu penyakit negara berkembang, kalo ga mau dibilang terbelakang, karena kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan, terutama saat makan.

Jangan takut minum obat cacing yah! Temanku, Joli Marjoli, udah bilang kalo dia mau minum obat cacing, tapi ga mau juga soalnya takut cacingnya menjuntai-juntai keluar bersama feses. Enggak kok! Tenang aja! Teknologi kefarmasian udah bisa mencegah hal itu, yaitu dengan menghancurkan cacing di usus. Iya, cacing emang keluar bersama feses, tapi insyaAllah, ga berbentuk cacing lagi dan ga hidup! So,, nunggu apa lagi ga minum obat cacing?

Pesan terakhir: cukup sekali minum tiap 6 bulan. Tubuh kita secara normal juga perlu cacing. Jangan mentang-mentang mau bebas cacing jadi minum tiap hari (lebay abis). Malah jadi ga ada cacing sama sekali dan jadi ga normal.

Terus,, karena menyadari berkembangnya negara kita, Pak SBY udah menyetujui bersama Ibu Menkes pembuatan obat rakyat yang cuma seribuan itu loh. Salah satunya pyrantel pamoate, si obat cacing.

1 comment:

huangqing said...
This comment has been removed by a blog administrator.